Morfologi Pohon Jabon

February 25, 2020 Uncategorized  No comments

Tanaman pohon jabon merupakan salah satu tanaman pohon yang memiliki beberapa keunggulan terutama pada batang kayu nya dan batang kayu jabon ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan jenis tanaman kayu lainnya,termasuk pohon albasia (sengon)

Morfologi Pohon Jabon

Pohon Jabon adalah salah satu jenis pohon yang mempunyai batang kayu yang masa pertumbuhannya sangat cepat dan juga pohon jabon ini tercatat sebagai kategori pohon yang mana dapat tumbuh secara baik dan subur ketika berada di hutan tropis dengan ekologi yang tercukupi.

Baca Juga: Khasiat Utama Durian Sitokong

Tentunya dengan begitu maka tanaman jabon ini dapat tumbuh secara besar-besaran pada ketinggian hingga mencapai 10-2000m dpl,dengan curah  hujan berkisar 1250-3000m/th, pohon jabon ini dapat tumbuh dengan sangat baik dengan perkiraan suhu antara 100 C – 450 C, dan tentunya juga dengan kondisi Ph tanah dengan nilai 5,5 – 7,5.

Pohon jabon adalah jenis pohon yang mempunyai diameter batang yang dapat tumbuh subur dan dapat berukuran 10cm/th, Jabon ini ketika sudah mulai tumbuh secara signifikan akan mencapai tinggi batang mencapai 20 meter dalam kurun waktu 10 tahun,sehingga nantinya pada saat usia jabon ini berumur 6-8 tahun,maka sudah dapat dipanen/ditebang.

Sedangkan dari segi penanaman dan juga perawatan, pohon jabon merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh dan dapat berkembang secara signifikan dan cenderung memerlukan perlakuan secara berlebih.

Hal tersebut telah dipublikasikan oleh beragam hasil uji coba yang telah dilakukan,keunggulan tanaman Jabon sendiri dapat diuraikan dari adanya beberapa macam kriteria,yang mana dapat dilihat dari segi  pertumbuhan,pohon jabon ini mempunyai keunggulan sangat cepat bila dibandingkan dengan beragam jenis kayu yang bertekstur keras lainnya. Dari itu,terdapat nilai Ekonomis yang begitu menjanjikan budidaya tanaman Jabon akan memberikan berbagai keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar.

Pada bagian batangnya,mempunyai tipe yang dominan berbentuk menyerupai sebuah silinder dengan tingkat kelurusan yang tergolong sangat bagus. Pohon jabon merupakan tanaman yang juga tidak begitu memerlukan  tahap pemangkasan secara berlebih,karena pada masa pertumbuhannya bagian cabang pohon jabon ini akan rontok dengan sendirinya karena memang mempunyai sifat semacam itu.

Dalam hal ini berlaku juga dengan tahapan pemasarannya,karena jenis pohon jabon ini berwarna putih dan juga agak sedikit kekuningan tanpa terlihat seratnya,maka kayu jabon ini sangat dibutuhkan pada industri di bidang kayu lapis (plywood).

Yang mana industri polywood ini sangat berguna untuk bahan baku meubel dan juga perlengkapan berbagai macam furniture,serta terdapat pula berbagai macam bahan bangunan non konstruksi. Maka,dengan begitu pohon jabon ini sangat banyak sekali keunggulannya dibandingkan dengan jenis tanaman penghasil kayu lainnya.

Untuk hal ini memang belum banyak yang memanfaatkan pohon jabon, meskipun begitu di berbagai daerah juga sudah banyak di galakkan penghijauan, seperti di Cianjur. Bila di Indonesia menggunakan Jabon masih terbatas pada kayunya, di negara India sendiri ada beberapa bagian dari jabon yang sebagian dari tanaman jabon dapat dimanfaatkan, seperti bunga, buah, daun, kulit kayu, dan juga akarnya.

Khusus bagian pada akar jabon ini ternyata sudah digunakan secara komersial sejak lama. Dan dengan keunggulan inilah yang pastinya akan membuat pemasaran akan tersedianya kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan atau terbilang langka,dan bahkan industri kayu lapis sangat siap untuk membeli setiap saat kayu dari jabon ini dalam jumlah yang tidak terbatas.

Sebagian orang mungkin belum  banyak yang mengetahui dan mengerti bahwa pohon jabon ini ternyata mempunyai beragam manfaat dan tentunya juga sangat banyak kegunaan dari pohon Jabon. Setelah ditelisik lebih jauh dan lebih dalam,dijelaskan bahwa ada banyak sekali manfaat dari tanaman jabon ini. Selain sebagai industri mebel, yakni terdapat pada bagian daun pohon jabon yang kerap sekali dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan tradisional dan juga sebagai bahan pembuatan parfum. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>