Morfologi Durian Sitokong

January 29, 2020 Uncategorized  No comments

Durian sitokong ini merupakan jenis durian yang mana nama dari sitokong ini telah akrab untuk pecinta buah durian pada tahun 1980-an,yang mana jenis durian sitokong ini merupakan jenis durian yang terkenal pada awal tahun 1980 an,lalu kemudian pada masa awal kedatangan durian montong dari negara Thailand di tanah air sempat menyuramkan nama baik durian sitokong ini.

Dalam hal ini tercatat jika buah durian jenis sitokong ini merupakan varietas durian yang sangat terkenal dengan keistimewaan pada aromanya yang begitu unik. Tekstur Buah yang berbentuk bulat lonjong dan memiliki warna sedikit hijau dengan berat sekitar 3-4 kg terlebih untuk bagian dalam,durian sitokong ini mempunyai daging buah yang cukup padat dan ketebalannya hingga mencapai 1,5-2 cm.

Morfologi Durian Sitokong

Jenis durian ini tergolong jenis durian yang sangat baik untuk diawetkan dan juga diproses hingga menjadi beragam jenis makanan seperti asinan, es krim, kue dan juga pelengkap jenang dodol.

Tanaman durian sitokong ini merupakan varietas durian yang  dalam bahasa Latin dijuluki dengan sebutan Durio sp ,durian sitokong ini merupakan  salah satu jenis tanaman buah yang tergolong ke dalam keluarga Malvaceae yang mana pada awalnya menyebar secara luas dari Asia Tenggara. Tanaman ini sempat diberi dengan gelar sebagai ‘King of Fruits’ hal ini disebabkan karena mempunyai ukuran buah yang sangat besar dengan kulit luar yang dikelilingi dengan duri-duri tajam.

Baca Juga: Manfaat Dari Jahe Merah

Untuk bagian biji dari durian sitokong ini juga dapat dibakar atau bahkan direbus lalu kemudian dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan camilan atau juga bisa sebagai bahan utama pembuatan tepung,dan dipercaya lebih gurih dibandingkan dengan tepung terigu.

Sementara itu, pada bagian kulit luar durian sitokong ini juga bisa dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu,lalu kemudian dimanfaatkan menjadi salah satu bahan bakar tradisional atau berguna di kala sedang mengasapi ikan laut,bagian  pucuk daun yang masih muda juga bisa direbus dengan cara dijadikan sebagai lalapan atau sebagai jamu tradisional.

Durian sitokong ini cenderung cepat sekali untuk tumbuh dan juga mudah dalam hal pemeliharaannya sehingga nantinya durian jenis ini  bisa dibudidayakan secara besar-besaran. Dalam hal penanaman nya agar supaya nanti masa produksinya optimal maka diperlukan jarak tanam sekitar 10 sampai 12 meter,hal itu di fungsikan agar  pada setiap bibit durian mendapat asupan oksigen secara cukup dan jangan lupa untuk memastikan bahwa hal itu dilakukan saat bibit durian sitokong akan ditanam.

Melakukan sejumlah perawatan juga perlu dilakukan antara lain dengan cara pemupukan dan pemberian pupuk kompos sebanyak 1 tahun sekali, lalu juga tambahan seperti pupuk NPK usahakan agar di beri pada awal musim penghujan dan juga di  akhir musim penghujan, penyiangan pada gulma tiap 1-2 minggu sekali, dan penyiraman/pengairan secara periodik.

Jenis tanaman pada durian sitokong ini memiliki bentuk bulat panjang dan dominan berwarna hijau kekuning-kuningan. Mempunyai bentuk duri kulit buah  mirip seperti kerucut dan tertata begitu rapat. Lalu kemudian mempunyai ketebalan kulit buah yang sedang, kira-kira sekitar 5 – 8 mm. Dalam 1 buah durian sitokong terdapat 5 juring dengan masing-masing jumlah ponggenya sebanyak 5 – 33 buah.

Bentuk biji buah durian ini dominan berbbentuk sedikit lonjong dan rata-rata mempunyai ukuran yang relative lebih kecil dibandingkan durian montong. Daging buah durian ini juga tak kalah manis nya daripada durian musangking,serta mempunyai aroma harumnya cukup tebal, tidak berair, berlemak, bertekstur halus, dan berwarna kuning.

Kali ini kami akan memberikan sedikit info menarik tentang manfaat buah Durian jenis Sitokong

Efektif Untuk Mencegah dan Melawan Kanker

Durian Sitokong ini dipercaya kaya akan kandungan resveratrol dan bahkan kandunagn etrsebut melampaui kandungan yang ada pada durian montong, yang mana senyawa tersebut sebenarnya masih sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kesepatan akan pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Kandungan semacam ini juga berfungsi secara optimal untuk menghalau adanya sebuah radiasi berbahaya seperti paparan dari sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan langsung sianr matahari. Paparan radiasi tersebut berisiko menyebabkan kanker kulit.  

Membantu pencernaan

Dilansir dari data komposisi pangan Indonesia, di dalam 100 gr buah Durian Sitokong mengandung 28 mg vitamin C yang mana dengan takaran seperti itu dapat membantu proses pencernaan terlebih pada ibu hamil.

Buah Durian Sitokong juga dapat membantu akan permasalahan pencernaan pada ibu hamil seperti halnya memudahkan buang air besar, menurunkan kemungkinan penyakit dan gejala sembelit, dan juga masalah pencernaan lainnya.

Mengurangi morning sickness

Selain manfaat di atas,di dalam buah Durian Sitokong juga banyak memiliki  kandungan vitamin seperti  vitamin B6 yang sangat baik pada Durian Sitokong dapat membantu ibu hamil dan juga dapat mencegah morning sickness atau mual selama kehamilan.

Membangun saraf janin

Kandungan karoten yang ada di buah Durian Sitokong ini sangat tinggi dengan begitu nmaka zat semacam ini penting untuk perkembangan janin.

Dengan rutin mengkonsumsi buah Durian Sitokong pada saat sedang hamil pun bisa bermanfaat untuk membangun saraf janin, otak, dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan janin.

Mencegah penyakit jantung

Buah Durian jenis Sitokong ini ternyata juga bisa mencegah anda dari serangan penyakit jantung dan bahkan lebih efektif dibandingkan jenis durian lainnya. Pasalnya, di dalam buah Durian Sitokong ini sangat banyak manfaat yang cocok untuk mengatasi penyakit jantung akibat diabetes,salah satu senyawa yang ada di durian sitokong ini secara efektif dapat menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). secara maksimal.

Maka,dengan rutin mengkonsumsi buah Durian Sitokong,maka kadar kolesterol jahat ini akan secara berangsur menurun di dalam darah Anda secara berkala.

Mencegah penyakit asma

Manfaat buah Durian Sitokong yang lain juga bisa mencegah adanya penyakit di area sekitar pernapasan,sesak nafas dan asma .Beberapa pakar kesehatan WHO juga sudah menjelaskan jika di dalam kandungan durian jenis sitokong ini mempunyai banyak kandungan kimia memiliki manfaat secara optimal bisa melegakan pernapasan dalam kurun waktu yang relatif singkat

Mengatasi penyakit diabetes

Apakah Anda penderita diabetes? Jika iya,maka anda harus rutin untuk mengkonsumsi buah Durian Sitokong minimal 1 minggu 3 kali,karena buah Durian Sitokong ini efektif untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi,  Hal ini dikarenakan manfaat Durian Sitokong bisa menurunkan kadar gula dalam darah anda.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Karena mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol dan juga kandungan vitamin C yang cukup banyak, maka sudah pasti bahwa buah Durian Sitokong ini sangat bermanfaat untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi sehat dan bugar. Dengan begitu,maka daya tahan tubuh akan tercipta sangat kuat dan tidak mudah sakit, dengan begitu maka tubuh akan jauh lebih kuat dalam melawan infeksi, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>