Menengok Masjid Roudhotul Muchlisin,Ikon Wisata Religi di Kota Jember

Bangunan Masjid Roudhotul Muchlisin yang berdiri megah di kawasan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menjadi ikon wisata religi selama bulan Ramadhan, dengan banyak penduduk di luar daerah yang berbuka puasa dan menikmati keindahan masjid pada malam hari selama sholat Tarawih , berhenti.

Wilayah ini merupakan salah satu kota yang terkenal dengan ikon wisata religi di Jawa Timur, khususnya di kabupaten Jember, keberadaan Masjid Roudhotul Muchlisin terus menarik perhatian masyarakat. Sejak diresmikan pada pertengahan Mei 2017, pengunjung telah datang ke masjid di Jl. Gajah Mada, Kabupaten Kaliwates, meningkat.

Masjid Roudhotul Muchlisin

Masjid Roudhotul Muchlisin menarik perhatian orang karena bangunannya berbeda dari masjid di Jember. Bangunan masjid megah dan futuristik. Selain itu, desain masjid ini mirip dengan masjid di Turki. Dindingnya didominasi oleh warna kuning dan oranye. Kolom-kolomnya didekorasi seperti istana.

Tidak hanya itu, ada juga air mancur di depan pintu masuk masjid, yang dihiasi dengan lampu berwarna. Di malam hari, masjid menunjukkan pesona. Tidak heran jika banyak pengunjung mengambil foto di masjid seluas 2.000 meter persegi ini.

Masjid Roudhatul Muchlisin memang sangat unik karena ada banyak dekorasi kaligrafi dan mahkota seperti masjid di Madinah di bangunan masjid, tetapi secara keseluruhan bangunan masjid seperti masjid di Turki, kata Masjid Takmir Roudhatul Muchlisin Samsul Arifin ditemukan akhir pekan lalu di bulan Juli.

Dia mengakui bahwa dia senang bahwa selama Ramadhan, banyak warga berbondong-bondong ke masjid di Jalan Gajahmada, Jember, untuk berdoa, baik warga maupun bukan penduduk yang kebetulan berhenti di Jember.

Kami berharap masjid Roudhatul Muchlisin akan bermanfaat bagi masyarakat untuk mempromosikan agama dan menjadi tujuan wisata religius bagi wisatawan di luar wilayah yang mengunjungi Kabupaten Jember, katanya.

Selama Ramadhan 1440 Hijriyah, ia melanjutkan, banyak kegiatan keagamaan seperti Tadarus dan studi keagamaan dilakukan di Masjid Roudhotul Muchlisin. Pengelola masjid juga menawarkan makan dan puasa bagi orang-orang yang singgah di masjid.

Masjid dengan luas sekitar 2.000 meter persegi diresmikan pada 15 Mei 2017 oleh ketua umum MUI KH Ma’ruf Amin.

Warna-warna masjid, yang didominasi oleh kuning dan oranye, lebih artistik dengan kolom, yang dihiasi seperti istana dengan ornamen emas yang indah. Jumlah hiasan kaligrafi yang terukir di sejumlah interior masjid juga menambah keindahan masjid bergaya Turki.

Halaman dalam masjid juga dipenuhi dengan pohon kurma yang ditanam dari fondasi masjid, dan beberapa pohon juga telah subur sebagai daya tarik khusus bagi orang-orang untuk merasakan rasa ibadah seperti di Timur Tengah.

Tidak hanya itu, ada juga air mancur di depan pintu masuk masjid, yang dihiasi dengan lampu berwarna, sehingga suasana masjid lebih menawan di malam hari. Banyak pengunjung mengambil foto sebelum meninggalkan masjid Roudlotul Muchlisin.

Tiara, seorang warga Jember yang mengunjungi Masjid Roudhatul Muchlisin, mengatakan ia senang bisa melakukan sholat Tarawih di masjid karena itu adalah masjid yang paling indah dan indah di Kabupaten Jember.

Dekorasi bangunan masjid sangat rumit dengan tulisan kaligrafi di beberapa sudut area masjid, yang membuatnya lebih nyaman bagi kita untuk mengadakan layanan di sini karena rasanya seperti layanan di Timur Tengah, katanya

Kehadiran pengunjung yang hanya untuk fotografi juga mensyaratkan bahwa petugas keamanan dapat memberikan instruksi. Karena ada beberapa dari mereka yang harus beradaptasi dengan masjid keagamaan sebagai tempat ibadah. 

Terutama pengunjung dari luar negeri.

Jadi kami telah menginstruksikan beberapa kali, seperti Kaukasia atau non-Muslim lainnya, untuk beradaptasi dengan pakaian. Jadi masalah agama kami tidak menjadi masalah, kan, itu memang terkenal untuk semua kelompok, katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *