Beberapa jenis Karpet Badminton

Sudah jadi rahasia umum jika badminton jadi olahraga yang bisa dimainkan oleh siapa saja. Olahraga yang menggunakan shuttlecock ini bawa serta nama Indonesia ke ajang Internasional dengan prestasi yang diraih atletnya. Prestasi itu tentu dibantu dengan latihan keras di atas lapangan yang berkualitas. Lapangan untuk badminton, saat ini sudah memakai karpet badminton. Tapi, tahukah kamu type karpetnya?

Beberapa Type Karpet Badminton

1. INTERLOCK PP

Karpet pelapis dengan bahan Poly Propilena (PP) dapat mengisap daya kejut makin dari 50% dibanding karpet bahan lain. Karpet interlock memiliki bentuk seperti keramik sampai makin mudah dipasang bongkar. Dalam penempatan pun tidak membutuhkan perekat atau lem untuk menyatukannya karena tinggal jadikan satu kunci yang ada di pinggiran. Harga karpet lapangan badminton interlock lebih bisa dicapai, ekonomis, tahan lama, dan bisa didaur lagi. Ukuran interlock ada juga 2 type, yaitu 25 x 25 cm dan 30 x 30 cm.

2. INTERLOCK MODULAR PP

Karpet interlock ini cocok digunakan untuk lapangan outdoor dan indoor. Untuk lapangan indoor memiliki detil permukaan atas yang berongga sampai mempercepat penyerapan air. Dengan permukaan itu, membuat lapangan dengan karpet interlock modular PP tidak mudah selip waktu basah. Dengan perawatan yang cocok, membuat karpet ini makin tahan lama sampai beberapa puluh tahun. Karpet interlock modular PP memiliki daya lenting yang hampir sempurna dan elastis tidak menyebabkan rongga interlock patah karena tekanan yang berat.

3. SINTETIS VINYL (VINYL FLOORING)

Lapangan yang menggunakan karpet sintetis vinyl biasanya digunakan untuk pertandingan kelas atas atau karieronal. Karpet vinyl memiliki ciri-ciri makin aman karena mengisap kejutan dan memiliki daya lenting tinggi sama, seperti lapangan semen atau beton. Karpet PVC (Poly Vinyl Carbonate) makin kesat dan tidak licin sampai memudahkan dalam bergerak. Karpet ini makin mudah, kuat, dan tahan air. Karpet badminton vinyl dijual berupa gulungan yang akan memudahkan Anda membeli sesuai dengan kepentingan luas lapangan. Motif yang berbagai membuat Anda bebas pilih sesuai dengan kepentingan.

4. SILIKON PU (SPU)

Walaupun permukaan karpet SPU sama juga dengan vinyl, tetapi karpet ini hanya memiliki daya serap kejut sebesar 22%. Karpet ini ramah lingkungan, tidak beracun, cocok untuk semua cuaca dan iklim, dan memiliki multilapisan. Biasanya karpet SPU digunakan pada lapangan outdoor karena bisa menahan sinar UV sampai warnanya tidak mudah pupus. Karpet SPU tahan api dan bahan kimia. Untuk alas karpet ini dapat menggunakan aspal atau beton. Karpet ini biasanya digunakan pada lapangan Multifunction Sport.

5. PARQUTTE (PAPAN KAYU)

Papan pelapis ini mempunyai bahan dari formasi kayu jati yang terkenal betul-betul kuat, tahan pada serangan rayap, dan tahan pada pembusukan sebab udara yang lembab. Parquette bisa ditata dengan cara baik seingga permukaannya akan terlihat kesat, mulus, walaupun terkadang jadi licin dan membutuhkan perawatan yang tinggi. Papan kayu ini biasanya berupa multilapisan (seringkali terdiri dari 4 formasi).

Baca juga: Cost Pengerjaan Lapangan Bulu Tepis Indoor serta Outdoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *